Senin, 23 November 2015

Filled Under:

Ujian Itu Ni'mat



Assalamualaikum wr,wb

Ukhtifillah sholihah, 23 November 2015 ini ana ingin share kembali mengenai UJIAN itu NI'MAT. Mengapa Ujian Itu Ni'mat ? berikut Dalam sebuah hadits dirawayatkan bahwa : Sesungguhnya, Allah jika mencintai seseorang maka Dia akan mendatangkan cobaan kepadanya. Dan jika dia rela dengan ujian itu maka dia akan memperoleh kerelaan-Nya. Dan siapa yang membencinya maka dia akan mendapatkan kebencian-Nya." (HR. Tirmidzi, 2396 dan Ibnu Majah 403)
💦💐Sahabatku ...
Kalau seseorang bertanya kepada kita, apakah mau punya masalah ataukah tidak? siapa pun yang mendapatkan pertanyaan seperti itu pasti jawabannya tidak. Kenapa? Karena pada umumnya tidak ada seorang pun di dunia ini yang ingin mempunyai masalah. Padahal dalam Firman-Nya Allah sudah tegaskan bahwa manusia itu akan diuji dengan berbagai maca ujian.
💦💐 Sahabatku ...
Apakah kita termasuk di antara orang yang tidak menginginkan hadirnya masalah itu?
Coba kita renungkan kembali. Dulu ketika kita sekolah dari SD bahkan sampai kuliah ada ujian yang kita hadapi. Untuk apakah sekolah atau pun kampus itu mengadakan ujian? Untuk mengetahui siapa yang terbaik dari sekian banyak siswa yang ada di sekolah mau pun di kampus tersebut.
💦💐Sahabatku ...
Begitu juga dengan ujian yang Allah turunkan kepada kita. Allah ingin melihat di antara hamba-Nya siapa yang terbaik dan lulus dengan ujian itu. Ujian itu Allah turunkan bukan untuk membuat kita hina akan tetapi sebaliknya ujian itu Allah berikan untuk menjadikan kita orang yang mulia dalam pandangan Allah.
Bisa jadi ada orang yang merasa hina dengan ujian itu bisa juga sebaliknya. Tergantung bagaimana cara kita menghadapi masalah yang Allah berikan itu.
Ada orang yang menghadapi setiap masalah dengan cara-cara yang Allah sukai dan ridhai, tapi ada juga yang mengahadapinya dengan melakukan perbuatan yang Allah tidak senangi. Yang ada dalam angan-angan mereka itu bagaimana supaya hatinya senang dan masalahnya hilang sekalipun jalan yang ditempuh itu hanya menghasilkan kebahagian semu dan sama sekali tidak ada bekasnya.
💦💐Sahabatku ...
Mari kita berkaca kepada ujian yang dihadapi kekasih kita Rasulullah SAW juga para sahabatnya.
Coba bandingkan ujian yang kita alami hari ini dengan ujian yang dihadapi oleh Rasulullah SAW dan juga sahabatnya. Pernahkah kita diuji kehilangan orang yang sangat kita cintai sekaligus dalam satu waktu? Pernahkah kita lempar dengan kotoran hewan, dikatakan orang gila, penipu, tukang sihir dan lain-lainnya? atau pernahkah kita dibaringkan di padang pasir yang sangat panas dan diletakkan batu besar di atas dada? jika jawabannya belum pernah, maka sungguh ujian yang kita hadapi amatlah tidak seberapa.
💥💞Akan tetapi pertanyaannya adalah, kenapa dengan ujian yang sungguh amat ringan itu tidak kita jadikan sebagai sebuah KENI'MATAN yang akan membuat kita bertambah mulia di hadapan-Nya?
🔐💐Sahabatku ...
Jawaban dari pertanyaan itu adalah karena kita belum yakin dengan Allah SWT. Kita tidak yakin dengan janji-janjiNya. Kita tidak yakin dengan solusi dan jalan keluar yang diberikan oleh-Nya.
💐 Sahabatku ...
💦🔑Kunci setiap masalah itu tidak jauh darimu. Dia ada di hatimu. Jika hatimu kau letakkan Allah melebihi segalanya, maka sebesar apapun masalahmu akan dihadapi dengan tenang.
💦🔑Betapapun banyaknya orang yang membantu menyelesaikan masalahmu jika engkau jauh dari Allah, maka ujian itu tidak meninggalkanmu.
💦🔑Dan betapapun beratnya masalah yang menghinggapi dirimu akan sirna dengan kedekatanmu kepada Rabbmu.
💦🔑Janganlah engkau takut sekalipun banyak orang meninggalkanmu, akan tetapi takutlah Jika Allah meninggalkanmu.
ﻗﻞ ﺇﻥ ﺻﻠﺎﺗﻲ ﻭﻧﺴﻜﻲ ﻭﻣﺤﻴﺎﻱ ﻭﻣﻤﺎﺗﻲ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ
"Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah. Tuhan semesta alam. ..." (QS. Al-An'am:162)
"Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh mencari keridhaan kami, benar-benar akan kami tunjukkan jalan kami. Dan sungguh Allah benar-benar bersama orang yang berbuat baik." (Al-'Ankabut:69)
ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ بالصواب

semoga bisa menginspirasi ukhtifillah sholihah. :) Hamasah untuk menajadi bidadari-bidadari nya Allah swt.

wassalamuaiakum wr,wb

1 komentar:

  1. How to make a titanium bomb - The TITanium Arts
    3. titanium quartz In the 1950s, American automobile engineering became the titanium septum ring sole focus of ford focus titanium hatchback a titanium wedding bands for men series of atomic omega seamaster titanium bombs. American designers were

    BalasHapus

Copyright @ 2013 Rinrin miatri.