Sabtu, 31 Januari 2015

Filled Under:

Yuuk.. Menutup Aurat


A


Assalamu'alaikum wr, wb..
Ukhti dan akhi sekalian, kali ini  langsung saja ya 1 Februari 2015, ana ingin menjelaskan tentang kewajiban akhwat dalam berhijab. sudah tidak asing lagi memang kewajiban untuk menutup aurat bagi kaum akhwat. Seandainya ditanya ke setiap akhwat apakah berhijab itu hukumnya wajib atau apa ? biasanya menjawab iya berhijab itu wajib. Namun ada alasan lain yaitu untuk sekarang ana belum siap, lebih baik perbaiki hatinya aja dulu soalnya kan malu kalau berhijab terus prilaku kitanya tidak mencerminkan penampilannya. Nah.... kenapa alasan-alasan itu coba hilangkan saja dari pikiran ukhti. Yuk...ada beberapa tips dari ana agar keinginan berhjab itu segera diaplikasikan :
1. Niatkan bahwa saya ingin lebih taat lagi pada Allooh swt, lalu Mengkaji juga aturan-aturan untuk menutup aurat dalam Al-Qur'an. Salahsatunya tercantum dalam al-Quran surat an-Nur ayat 31:


وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلاَ يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلاَّ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ

Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kehormatannya; janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) tampak padanya. Wajib atas mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya. (QS an-Nur [24]: 31).

Nah... ayat tersebut sudah jelas bahwa menutup aurat itu wajib. Itu perintah langsung dari Allooh swt. 
2. Hilangkan sugesti bahwa kalau menutup aurat sesuai syar'i itu membuat kita tidak cantik lagi. Biasanya untuk kaum akhwat itu keinginan tampil cantik di mata ikhwan atau rekan sekelilingnya selalu timbul. INGAT ! Ukhti mau cantik di mata Allooh swt atau di mata ikhwan saja ? Yakinlah bahwa Allooh swt mampu membolak-balikkan hati seseorang ketika ukhti memilih untuk lebih taat lagi.
3. Nanti saja menutup auratnya kalau sudah menikah ? Nah..loh emang yakin usianya mau sampai menikah ? misalkan, ketika ukhti menikah usia 23 tahun, berapakah dosa yang kita tanggung dari akibat perbuatan kita selama tidak menutup aurat. ribuan pandangan dari ikhwan yang bukan makhrom ukhti :'(

4. Perbanyak mengingat Mati. Kenapa ? Karena dari hari ke hari kesempatan hidup yang Allooh berikan pada kita semakin berkurang. Kejadian yang telah terjadi di masa lalu tidak dapat kita hapus selain dari penyesalan. Ana mengingatkan bahwa kesempatan itu tidak akan datang 2 x. hari senin yang lalu berbeda dengan hari senin yang akan datang.


Bagaimana ? sudah terbuka dengan tips-tips yang ana berikan, Yuuuuk.... niatkan dari sekarang ya, kemudian aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari bahwa dari mulai saat ini hidup kita ingin lebih taat lagi. sayang ukhti jika kesempatan hidup yang Allooh berikan saat ini dihabiskan dengan hura-hura. Perjalanan ini singkat, hari ini ada di alam dunia, belum tentu besok kita masih ada di alam yang sama. Sekian dari ana, next time ana share kembali dengan pembahasan yang baru lagi. Wassalamu'alaikum wr.wb

Salam Semangat,
Rinrin

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 Rinrin miatri.