Kamis, 08 Januari 2015

Filled Under:

Retail Bisnis

A.     PENGERTIAN RETAIL
Retail adalah kegiatan jual beli baik barang maupun jasa secara langsung kepada konsumen. Konsumen yang membeli barang atau jasa tersebut akan langsung menggunakannya (bukan untuk kepentingan bisnis). Salah satu contoh retail bisnis adalah minimarket yang memiliki arti Secara Kata merupakan gabungan dari kata, “mini” dan “market”. Mini berarti “kecil” sedang market berarti “pasar”. 
Jadi minimarket adalah sebuah pasar yang kecil, atau diperjelas menjadi sebuah tempat yang kecil tapi menjual barang-barang bervariatif dan lengkap seperti di dalam pasar contohnya adalah alfamart.
B.     KEBIJAKAN PEMERINTAH
a.       Perda Kota Bandung No. 2 Tahun 2009 Tentang Penataan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern di Kota Bandung. menyatakan bahwa persyaratan minimarket adalah:
1. Berjarak minimal 0,5 km dari pasar tradisional dan 0,1 km dari usaha kecil sejenis yang terletak di pinggir jalan kolektor/arteri
2. Di pinggir jalan lingkungan dengan luas gerai sampai dengan 200m persegi, berjarak minimal 0,5 km dari pasar tradisional dan usaha kecil sejenis
3. Setiap pengelola pusat perbelanjaan dan toko modern wajib melaksanakan kemitraan dengan usaha kecil
4. Kemitraan wajib dilaksanakan dalam bentuk kerjasama pemasaran, penyediaan tempat usaha, penerimaan produk dan dilaksanakan berdasarkan perjanjian tertulis dengan prinsip saling memerlukan, memperkuat dan menguntungkan.
5. Waktu pelayanan dimulai pukul 10.00-22.00, kecuali ada ijin
khusus dariWalikota.
b.      Pasal 13 Perda Kota Bandung No. 2 Tahun 2009 ditetapkan pula klasifikasi kriteria perdagangan, klasifikasi toko modern hingga klasifikasi sitem penjualan dan jenis barang dagangan. Pasal 18 hingga Pasal 20 dibahas mengenai aturan lokasi dan jarak tempat usaha perdagangan sesuai klasifikasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.
c.       pasal 22 ayat (1), menyebutkan bahwa “pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern wajib memiliki Izin Usaha Perdagangan,” Sedangkan pada ayat (2), Izin Usaha Perdagangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri dari:
1)     Izin Usaha Pengelolaan Pasar Tradisional (IUP2T) untuk pasar . .tradisional;
2)     Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP) untuk pertokoan, mall, plaza, dan pusat perdagangan;
3)     Izin Usaha Toko Modern (IUTM) untuk minimarket, supermarket, Departemen store, Hypermarket dan grosir yang berbentuk perkulakan.” (Perda Kota Bandung no. 2 tahun 2009)
d.      Keputusan Presiden (Kepres) No. 118/2000 tentang Perubahan dari Keputusan Presiden No. 96/2000 mengenai Sektor Usaha yang Terbuka dan Tertutup dengan Beberapa Syarat untuk Investasi Asing Langsung.
e.       Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No.107/MPP/Kep/2/1998 tentang Ketentuan dan Tata Cara Pemberian Izin Usaha Pasar Modern
f.        Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No.420/MPP/Kep/10/1997 tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar dan Pertokoan
g.        Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Perindustrian dan Perdagangan dan Menteri Dalam Negeri No.57 dan 145/MPP/Kep/1997 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar dan Pertokoan.
h.       Peraturan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No.12/MDAG/PER/3/2006 tentang Ketentuan dan Tata CaraPenerbitan Surat Tanda Pendaftaran Usaha Waralaba
C.      DAMPAK POSITIF DENGAN ADANYA ALFAMART DARI SEGI EKONOMI DAN SOSIAL
a.       Memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mencari barang yang diinginkan.
b.      Memberikan kepuasan bagi konsumen dari pelayanannya.
c.       Memberikan kenyamanan pada konsumen dalam berbelanja.
d.      Menyediakan berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari.
e.       Memberikan diskon/potongan harga bagi konsumen.
f.        Produk yang ditawarkan bervariasi dan lengkap mulai dari kebutuhan pokok seperti sembako sampai pada kebutuhan tambahan seperti makanan ringan. Bahkan dibeberapa minimarket juga menyediakan pengisian pulsa dan penjualan produk lainnya.
g.       Pelayanan yang ramah, pramuniaga bersikap sopan dan penuh perhatian. Pramuniaga selalu siaga ketika pembeli membutuhkan bantuan apapun.
h.       Pembeli dibebaskan memilih dan mengambil barang yang akan dibeli sesuai kebutuhannya dan kemudian baru membayar kepada kasir.
i.         Selalu memberikan harga promo disetiap periode.
j.         Daftar harga yang menjadi unggulan (biasanya harga termurah) dipampang di depan toko sehingga pembeli merasa tertarik meskipun bisa jadi sebelumnya tidak ingin membeli. Selain itu juga promosi juga dilakukan melalui penyebaran brosur yang berisi daftar produk dan harga yang memudahkan pembeli untuk merencanakan pembelian di rumah serta mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan dalam berbelanja.
k.       Penataan barang yang rapi dan dibedakan perproduk sehingga memudahkan pembeli dalam berbelanja.
l.         Situasi yang dilengkapi AC serta ruangan yang luas menyebabkan pembeli merasa nyaman dalam berbelanja.
m.    Kasir lebih dari satu, dengan adanya kasir lebih dari satu pembeli tidak perlu lama mengantri ketika akan melakukan pembayaran.
n.      Letak minimarket dekat dengan pemukiman sehingga warga sekitar lebih mudah berbelanja karena berdekatan dengan rumah, sealin itu pembeli dapat lebih berhemat karena tidak perlu ongkos menuju tempat belanja.
o.      Menciptakan Lapangan Kerja yg banyak sehingga mampu menyerap tenaga kerja yg ada meskipun tidak begitu signifikan.
p.      Membentuk pekerja yang inovatif dan kreatif
q.      Menambah pemasukan kas negara dengan cara mengekspor barang ke luar negeri
r.       Membuat pekerja muda lebih semangat dan mandiri.


D.     DAMPAK NEGATIF DENGAN ADANYA ALFAMART DARI SEGI SOSIAL DAN EKONOMI
a.       Dalam minimarket dengan system waralaba tidak disediakan fasilitas pembelian secara kredit.
b.      Minimarket waralaba tidak dapat menyediakan barang-barang secara tertentu sebelum ada ijin dari franchisor. Sehingga pembeli tidak dapat memesan atau membeli barang tertentu seperti elpiji dan minyak tanah yang juga merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat.
c.       Membuat masyarakat tergoda dan berbelanja di luar batas kemampuannya.

E.      PENGARUH ADANYA ALFAMART TERHADAP PASAR TRADISIONAL
a.       Mempempengaruhi jumlah konsumen yang berbelanja di pasar tradisional.
b.      Mempengaruhi tingkat pendapatan penjual di pasar tradisional..
c.       Mempengaruhi keberlangsungan usaha dan penurunan omzet penjualan.


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 Rinrin miatri.